| by admin | No comments

Pembaruan Perangkat Lunak Steam Deck Mengurangi Kebisingan Kipas

Pembaruan SteamOS terbaru Valve adalah yang besar untuk penggemar Steam Deck dan saya benar-benar berbicara tentang kipas di PC game genggam. Salah satu keluhan yang sering muncul tentang Steam Deck adalah rengekan kipas yang terkadang keras dan bernada tinggi bahkan saat bermain game ringan. Beberapa, termasuk rekan saya Sean Hollister, telah mencoba solusi DIY untuk memperbaiki rengekan , dan kipas Steam Deck pengganti iFixit sudah terjual habis meskipun dijual kurang dari seminggu .

Namun, dengan SteamOS 3.2, Valve memperkenalkan kurva kipas baru yang dikontrol OS yang dimaksudkan untuk membuat segalanya lebih baik. “Ini berarti bahwa secara keseluruhan lebih pintar, lebih responsif terhadap apa yang terjadi di dalam dan di dalam Steam Deck, dan lebih tenang terutama dalam situasi penggunaan yang rendah,” kata perusahaan itu dalam sebuah posting blog (penekanan pada Valve).

Untuk melihat apakah saya dapat melihat perbedaannya, saya menginstal pembaruan di Steam Deck saya dan mencoba beberapa permainan. Dalam pengujian saya yang singkat dan sangat tidak ilmiah, kesan saya adalah bahwa Valve telah membuat beberapa peningkatan besar.

Saya pertama kali mem-boot Rogue Legacy 2, sebuah roguelike sidescrolling yang tidak terlalu intensif secara grafis. Saya segera menyadari bahwa kipas menjadi lebih tenang secara dramatis saya hanya dapat mendengarnya secara sporadis dan dengan pengeras suara yang dihidupkan, saya tidak dapat mendengar kipas angin sama sekali. Saya memiliki pengalaman serupa dengan Vampire Survivors, meskipun saya tidak punya waktu untuk mencapai endgame yang khas, di mana seluruh layar dipenuhi dengan musuh dan senjata saya ingin tahu apakah itu akan mendorong penggemar lebih banyak.

Di Sekiro: Shadows Die Twice dengan pengaturan dihidupkan secara maksimal, kipas masih terdengar, meskipun umumnya jauh lebih tenang jika dibandingkan dengan perilaku kipas lama, yang dapat Anda aktifkan kembali di menu pengaturan jika Anda mau. Dengan pembaruan baru yang diinstal, saya juga belum mendengar kipas saat idle di layar menu Steam Deck, yang merupakan salah satu gangguan hewan peliharaan terbesar saya dengan perangkat.

SteamOS 3.2 juga memungkinkan Anda mengubah kecepatan refresh dalam game dengan cepat langsung dari tombol menu tiga titik. “Defaultnya adalah 60Hz (yang dapat dibatasi bingkai hingga 60, 30, dan 15fps), tetapi sekarang Anda dapat menggesernya ke 40Hz (dengan batas bingkai pada 40, 20, dan 10fps),” kata Valve. Menurunkan kecepatan refresh adalah salah satu tuas yang dapat Anda tarik jika Anda ingin meningkatkan masa pakai baterai.