| by Nadia | No comments

5 Kelebihan dan Kekurangan Game Online

Game online telah menjadi tren yang berkembang pesat di kalangan generasi muda. Bahkan bagi banyak orang itu adalah bagian dari kehidupan sehari-hari. Pada hari-hari sebelumnya, game online multipemain berlangsung di dalam ruangan tertutup dengan peserta terbatas. Namun saat ini dengan kemajuan internet global, gamer dari berbagai belahan dunia saling berinteraksi.

Paling sering, gamer menggunakan komputer, konsol game atau ponsel pintar bersama dengan koneksi internet untuk bermain game online. Namun, tidak selalu game online dapat membantu anak-anak. Bergantung pada bagaimana Anda menggunakan game online, itu bisa berguna dan berbahaya. Dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya, gamer dapat menggunakan game online sebagai platform yang aman.

Pada artikel ini, Anda akan mendapatkan informasi tentang 5 Kelebihan dan Kekurangan Game Online | Kekurangan & Manfaat Game Online. Melalui posting ini, Anda akan mengetahui pro dan kontra dari game online.

Keuntungan dari Game Online

1. Bersosialisasi

Saat bermain game online. selalu ada kecenderungan untuk bersosialisasi. Game online memungkinkan komunikasi terjadi antara pemain dari wilayah yang berbeda. Mereka dapat berinteraksi satu sama lain sambil bersenang-senang. Ini tidak hanya akan membantu mereka bersosialisasi, pada saat yang sama mereka akan menjadi pemain tim yang lebih baik.

2. Konsentrasi

Sering bermain game online akan membuat otak anak berfungsi lebih cepat dan secara keseluruhan meningkatkan daya ingat mereka. Beberapa game online memerlukan keterampilan perencanaan dan pemecahan masalah yang ekstensif untuk menyelesaikan level Wisata Bali. Oleh karena itu, mental anak perlu lebih aktif dan konsentrasi.

Baca Juga:  10 Manfaat Bermain Video Game

3. Keterampilan Analitis

Sementara juga game online membantu meningkatkan keterampilan analitis. Dengan menggunakan skill tersebut, gamers harus bisa merespon dengan cepat perubahan-perubahan dalam game. Bahkan keterampilan analitis ini akan berguna dalam kehidupan nyata di mana ada kebutuhan pemecahan masalah segera.

4. Relaksasi

Game online juga dikenal untuk mempromosikan relaksasi. Jelas, game adalah salah satu pilihan populer untuk hiburan. Orang dengan kecemasan dan depresi dapat bermain game online untuk menghilangkan stres. Tidak hanya anak-anak, bahkan orang dewasa pun bermain game online untuk relaksasi.

5. Pendapatan

Game online juga memungkinkan untuk menghasilkan uang selama itu adalah platform yang tepat. Berdasarkan tingkat kerja keras, mereka dapat memperoleh imbalan potensial secara signifikan. Tapi hanya di bawah kondisi 18 atau di atas usia. Dengan meningkatnya pendapatan, anak-anak mungkin menunjukkan sikap positif terhadap game.

Kekurangan Game Online

1. Biaya

Biaya utama game online berasal dari biaya koneksi internet. Penyedia Layanan Internet ( ISP ) dapat mengenakan biaya data yang besar tergantung pada waktu yang dihabiskan pengguna untuk bermain game.

Beberapa game online juga mengharuskan pemain untuk memiliki akun online yang biasanya dengan biaya bulanan. Pembelian dalam game juga disertakan di mana pemain dapat meningkatkan elemen mereka dengan membayar sejumlah biaya.

2. Keamanan

Saat bermain game online, selalu ada risiko peretasan. Pemain memasukkan informasi pribadi mereka dalam game online karena berbagai alasan. Jika seorang peretas berhasil membajak informasi ini, mereka dapat menggunakannya untuk kegiatan ilegal. Akibatnya, reputasi pemain bisa hancur dalam hitungan detik.

Baca Juga:  Panduan Kecepatan Internet Untuk Gaming

3. Ketergantungan

Bermain game online untuk waktu yang lama juga dapat menyebabkan kecanduan. Beberapa gamer kecanduan sampai-sampai mereka melupakan tanggung jawab sehari-hari mereka. Kecanduan game online telah menjadi masalah serius yang dihadapi banyak orang. Dengan memprioritaskan pekerjaan terlebih dahulu, game akan dapat mengurangi waktu yang dihabiskan untuk bermain game.

4. Penindasan siber

Secanggih apapun platform internet, masih banyak orang di dunia yang mencoba menyalahgunakan pengguna internet. Penindasan dunia maya adalah salah satu cara di mana orang-orang ini akan mengambil keuntungan. Ini adalah taktik populer yang digunakan untuk mengalihkan perhatian para gamer.

Paling sering anak-anak di bawah umur menjadi sasaran cyberbullying. Dan juga, atas nama pemain game bisa ditipu dengan uang mereka.

5. Masalah Kesehatan

Waktu yang lama dihabiskan dalam game online dapat memiliki efek buruk pada kesehatan fisik Anda. Gamer online sering menghabiskan terlalu banyak waktu untuk berada di satu posisi tanpa banyak melakukan aktivitas fisik. Akibat dari hal ini dapat dilihat dalam bentuk nyeri bahu dan punggung.

Apalagi menatap layar komputer atau ponsel dalam waktu lama dapat menyebabkan berbagai masalah mata termasuk penglihatan kabur. Semua ini dapat membawa efek negatif bagi tubuh kita.